PERHITUNGAN KUAT CAHAYA PENERANGAN
November 19, 2018
Hello world!
November 19, 2019

PARAMETER DESAIN BAGI RUANG ISOLASI RUMAH SAKIT

Sistem tata udara ruang isolasi dirancang untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan dan tingkat tekanan udara yang dibutuhkan agar tetap stabil. Mempertahankan tekanan udara, kualitas udara, suhu dan ventilasi di area pasien adalah persyaratan utama dalam desain tata udara.

Air Handling Unit / AHU dirancang untuk memasok udara minimum 12 ACH (Air Change Hour) di kamar isolasi, dimana 20% (2 ACH)  adalah udara segar (fresh air) dan 80% (10 ACH) adalah udara yang diresirkulasi. Unit F.AHU memasok 100% udara segar ke Koridor, Ante room dan Ruang perawatan, sisanya 10 ACH diresirkulasi oleh RAHU pada masing-masing ruangan.  Udara yang diresirkulasi ini akan melalui media filter (Pre, Medium, HEPA) dan sinar UV yang ditempatkan dalam unit R.AHU untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan.

Udara yang berada di kamar rawat dan toilet kemudian akan diekstrasi melalui sistem pembuangan (exhaust fan) dengan tetap menjaga tekanan udara dan ACH tersebut di atas. Pada sistem pembuangan ini telah dilengkapi filter bank (pre, medium, HEPA) dan sinar UV  yang dipasang pada unit tersebut. Aliran udara yang dibuang dihitung 30% lebih banyak dari pasokan aliran udara segar dan infiltrasi udara guna mempertahankan tekanan udara negatif. Perbedaan tekanan antara koridor dan ruang perawatan  dikontrol oleh Differential Pressure Transmitter untuk mengatur VAV yang dipasang pada sisi fresh air duct

Berikut Parameter desain dalam perencanaan sebuah ruang isolasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.